WiMax Wireless Broadband

WiMax (wireless interoperability for Microwave Access) atau dikenal juga sebagai standar IEEE 802.16, dikenalkan mulai tahun 1999. Teknologi wireless broadband ini diposisikan untuk melengkapi teknologi wireless broadband Wi-FI (wireless fidelity). Wi-Fi diperuntukkan untuk menggantikan kabel-kabel tembaga dalam suatu gedung yang digunakan untuk jaringan LAN (local area network). Sementara WiMax diperuntukkan untuk jaringan MAN (metropolitan area network) dengan daerah cakupan relatif luas.

WiMax dikenal dua bentuk yaitu fixed WiMax (802.16d) dan Mobile WiMax (802.16e). Teknologi Mobile WiMax diminati karena dapat digunakan sebagai solusi terhadap pengguna broadband dimana pada saat ini cenderung bergerak. Teknologi ini dapat menjadi ancaman kepada operator yang menggunakan teknologi 3G (GSM atau CDMA EVDO) atau mungkin digunakan oleh operator sebagai pelengkap tergantung kepada cara menyikapi. Kondisi ini menjadi tantangan kepada pemerintah untuk mengalokasikan ijin karena ternyata operator 3G, telah melakukan investasi yang cukup besar dan kuatir terhadap dampak bisnis mereka bila WiMax segera dioperasikan. Disisi lain Pemerintah berpikir bahwa dengan teknologi WiMax penetrasi broadband dapat meningkat/ tumbuh lebih cepat sehingga akan memicu kompetensi yang mampu menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat maupun bangsa.  

Tantangan lain yang sangat perlu diperhitungkan dalam penggunaan WiMax adalah alokasi frekuensi, harga investasi termasuk interoperability dengan sistem existing. (sb)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: