Dilema Industri Konten Indonesia

Pada tanggal 17 September 2008, melalui radio PAS FM saya mendengar berita tentang rencana pemerintah akan pecabutan ijin 14 perusahaan  pengelola konten “premium call” dan “premium sms” termasuk 12 perusahaan lain yang sedang dalam proses pengkajian. Alasan karena banyak masyarakat mengadu/ komplain. Akar permasalahan yang sebenar tidak disampaikan secara detil.

Kondisi tersebut sangat ironis dalam upaya membangun dan mengembangkan industri kreatif nasional. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini Pemerintah berupaya keras melakukan sosialisasi dan menanamkan industri kreatif diantaranya digital konten kepada masyarakat. Digital konten sangat berperan dalam mengembangkan industri telekomunikasi diantaranya industri broadband. Industri broadband tidak akan tumbuh bila konten sangat terbatas.

Saya sering melihat terjadi tindakan tanpa melalui analisis yang komprihensif sehingga keputusan yang diambil tidak populer dan bisa dikatakan merugikan kemajuan Negara. Sebagai contoh katakan 14 perusaan tersebut dicabut ijin operasinya, berapa banyak jumlah SDM yang akan menjadi pengangguran, berapa besar pemasukan pajak terhadap Negara akan hilang dan berbagai efek lainnya baik langsung atau tidak langsung. Pengaduan masyarakat harus didengarkan dan selanjutnya ditemukan solusi permasalahan yang tidak berorientasi terhadap suatu kepentingan.

Sebaiknya menurut saya pribadi, regulator harus memliki identitas kemampuan untuk melakukan analisis permasalahan sehingga membuat keputusan yang menguntungkan baik bagi pengusaha maupun masyarakat. Pasti ada titik temu. Kalau titik temu tdak mampu ditemukan biasanya karena adanya kepentingan pribadi atau golongan yang muncul secara tiba-tiba atau terencana. Negara akan sangat senang bila pihak regulator mampu mengembangkan kemajuan bangsa dengan memperbesar jumlah perusahaan. Mengurangi jumlah perusahaan atau membunuh pasti menimbulkan dampak kepada iklim pertumbuhan industri (sb)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: